15 Jembatan Ikonik di Indonesia
15 Jembatan Ikonik di Indonesia - Indonesia adalah negara yang luas dengan kondisi geografis yang unik. Dan Indonesia juga terdiri dari ribuan pulau yang tersusun dalam gugusan terpisah serta berbagai sungai besar. Kondisi seperti ini memaksa Indonesia untuk membangun infrastruktur jembatan sebagai jalur penghubung antar wilayah.
Jembatan tidak hanya sekedar menghubungkan jembatan, desain jembatan Indonesia menjadi ikon dan menarik perhatian. Berikut ini 15 jembatan ikonik Nasional yang terkenal di Indonesia.
JEMBATAN KALI KENTENG
Lokasi : Salatiga - Kartasura
Melintasi : Sungai Kenteng
Panjang. : 495 meter
Lebar. : 8 meter
Tahun Pembangunan : 2016-2018
Jembatan Kali Kenteng dan Kali Serang yang merupakan bagian dari ruas jalan tol Salatiga-Solo didesain tahan gempa sampai 1.000 tahun. Jembatan ini terdiri dari 12 bentang. Masing-masing bentang panjangnya 30 sampai 40 meter.
JEMBATAN KALI KUTO
Lokasi : Batang - Semarang
Melintasi : Sungai (Kali Kuto)
Panjang : 100 meter
Lebar : 30 meter
Tahun Pembangunan : 2014-2016
Jembatan Kali Kuto di Jawa Tengah merupakan salah satu ikon Jalan Tol Trans-Jawa. Khususnya saat melintasi ruas Tol Batang-Semarang. Mengingat jembatan yang tuntas dibangun dan beroperasi penuh pada 2019 ini memiliki pelengkung berwarna merah menyala. Selain penampakannya yang estetik dan artistik, ternyata Jembatan Kali Kuto juga menyimpan fakta menarik saat proses pembangunannya.
JEMBATAN MANGUNSUKO
Lokasi : Desa Sumber - Magelang
Melintasi : Sungai Senowo
Panjang : 120 meter
Lebar : 2,5 meter
Tahun Pembangunan : 2015-2017
Jembatan gantung ini merupakan infrastruktur penghubung antara Dusun Grogol Desa Mangunsuko dan Dusun Tutup Ngisor Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Tak hanya jembatan sebagai daya tarik, lokasi di bawah jembatan, di aliran Sungai Senowo, ada dam yang bertingkat menyerupai air terjun.
JEMBATAN TANO PONGGOL
Lokasi : Pangururan
Melintasi : Danau Toba
Panjang : 294 meter
Lebar : 8 meter
Tahun Pembangunan : 2020-2022
Tano Ponggol adalah sebuah jembatan yang menghubungkan Pulau Samosir dengan Pulau Sumatra. Tano Ponggol ini berada di Sumatra Utara, persisnya di Pangururan, jalan keluar menuju Aek Rangat (tempat pemandian air panas) dan arah ke Tele.
JEMBATAN SEI ALALAK
Lokasi : Banjarmasin
Melintasi : Sungai Alalak
Panjang : 850 meter
Lebar : 20 meter
Tahun Pembangunan : 2019-2020
Jembatan Sei Alalak dirancang dengan menggunakan cable-stayed dan struktur jembatan lengkung pertama di Indonesia dan jembatan Sei Alalak ini telah menggantikan Jembatan Kayu Tangi 1 yang telah berusia sekitar 30 tahun dan menjadi jalur utama yang menghubungkan Banjarmasin dengan berbagai wilayah di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.
JEMBATAN PULAU BALANG
Lokasi : Balikpapan - Kalimantan Timur
Melintasi : Teluk Balikpapan
Panjang : 1,750 meter
Lebar : 22,4 meter
Tahun Pembangunan : 2007-2010
Jembatan Pulau Balang adalah sebuah jembatan yang menghubungkan Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.
Dan kehadiran jembatan ini dapat meningkatkan perekonomian di wilayah Gersik, Riko, Penajam Passer Utara, dan Tempadung.
JEMBATAN TUMBANG SAMBA
Lokasi : Katingan - Kalimantan Tengah
Melintasi : Sungai Katingan
Panjang : 843,2 meter
Lebar : 11,8 meter
Tahun Pembangunan : 2017-2020
Jembatan Tumbang Samba adalah jembatan pelengkung yang menjadi bagian dari Lintas Tengah Kalimantan dan akses nasional antara Kalimantan Tengah dengan Kalimantan Barat.
JEMBATAN BAHTERAMAS
Lokasi: Kendari - Sulawesi Utara
Melintasi: Teluk Kendari
Panjang: 1.348 meter
Lebar: 20 meter
Tahun Pembangunan: 2015
Hal tersebut berguna dalam rangka proses percepatan pengembangan wilayah Kota Kendari. Lalu, dengan adanya jembatan tersebut dapat memangkas waktu tempuh sekitar 30 menit menjadi 3-5 menit dari Kota Lama menuju Kecamatan Poasia.
JEMBATAN YOUTEFA
Lokasi: Papua - Jayapura
Melintasi: Teluk Youtefa
Panjang: 732 meter
Lebar: 21 meter
Tahun Pembangunan: 2018-2019
Jembatan Youtefa adalah salah satu jembatan di Provinsi Papua yang menghubungkan Holtekamp dengan Hamadi. Jembatan ini tergolong sebagai jembatan tipe pelengkung baja yang pertama di Papua. Jembatan Youtefa telah dilengkapi dengan 29 unit lampu ReachElite Powercore dan dipadukan dengan Vaya Flood RGB Medium Power sebanyak 125 unit.
JEMBATAN SURAMADU
Lokasi: Surabaya – Madura, Jawa Timur
Melintasi: Selat Madura
Panjang: 5.438 meter
Lebar: 30 meter
Tahun Pembangunan: 2003-2009
Jembatan Nasional Suramadu terletak di Provinsi Jawa Timur. Jembatan ini menghubungkan Pulau Jawa (Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, persisnya di timur Kamal), serta melintasi Selat Madura yang membuat Jembatan Suramadu menempati posisi sebagai jembatan terpanjang di Indonesia saat ini.
Tidak hanya itu, di jembatan ini juga terdapat lajur khusus yang ditujukan untuk pengendara kendaraan roda dua di setiap sisi luar jembatan. Strukturnya sendiri terdiri dari tiga bagian, yaitu causeway (jalan layang), approach bridge (jembatan penghubung), dan main bridge (jembatan utama). Pembangunan Jembatan Suramadu sendiri ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, terutama di bidang infrastruktur dan ekonomi yang cukup tertinggal dibandingkan wilayah lain di Jawa Timur.
JEMBATAN BARELANG
Lokasi: Provinsi Kepulauan Riau
Melintasi: 6 pulau
Panjang: 2,264 m
Lebar: Bervariasi
Tahun Pembangunan: 1992-1998
Jembatan Barelang merupakan sekumpulan jembatan penghubung yang telah menjadi landmark di Provinsi Kepulauan Riau. Nama Barelang sendiri merupakan singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang. Jembatan ini membentang dengan menghubungkan beberapa pulau, yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru, serta bertujuan untuk memperluas wilayah kerja Otoritas Batam. Selain Barelang, masyarakat umum juga banyak yang menyebutnya sebagai Jembatan Habibie, hal ini dikarenakan pembangunan jembatan ini diprakarsai oleh Presiden B. J. Habibie.
JEMBATAN AMPERA
Lokasi: Palembang, Sumatera Selatan
Melintasi: Sungai Musi
Panjang: 1.177 meter
Lebar: 22 meter
Tahun Pembangunan: 1965
Jembatan Ampera adalah sebuah jembatan yang terletak di Kota Palembang, Sumatera Selatan dan telah menjadi ikon kota. Jembatan yang melintasi Sungai Musi ini menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Pembangunannya dimulai pada tahun 1962 dengan biaya pembangunan yang diperoleh dari perampasan perang Jepang.
Mulanya jembatan ini dinamai Jembatan Soekarno, namun Presiden Soekarno menolak karena tidak ingin menimbulkan isu-isu individualis tertentu. Nama jembatan ini pun diganti, disesuaikan dengan slogan bangsa pada tahun 1960 yaitu Amanat Penderitaan Rakyat (Ampera).
JEMBATAN MAHKOTA II
Lokasi: Samarinda, Kalimantan Timur
Melintasi: Sungai Musi
Panjang: 1.428 meter
Lebar: 14 meter
Tahun Pembangunan: 2002-2007
Jembatan Mahkota II atau yang juga kerap disebut sebagai Jembatan Achmad Amins merupakan sebuah jembatan di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Jembatan ini membentang melintasi Sungai Mahakam dan menghubungi Sungai Kapih, Kecamatan Sambutan dengan Kelurahan Simpang Pasir, Kecamatan Palaran.
JEMBATAN MERAH PUTIH
Lokasi: Ambon, Maluku
Melintasi: Teluk Ambon
Panjang: 1.140 meter
Lebar: 22 meter
Tahun Pembangunan: 2011-2016
Jembatan Merah Putih adalah jembatan dengan jenis kabel pancang yang terletak di Kota Ambon, Provinsi Maluku. Jembatan ini membentang di atas Teluk Dalam Pulau Ambon, serta menghubungkan Desa Rumah Tiga (Poka) di Kecamatan Sirimau yang terletak di sisi utara dengan Desa Hative Kecil/Galala di Kecamatan Teluk Ambon di sisi selatannya. Teluk Ambon merupakan sebuah teluk sempit yang dalam, yang membagi Pulau Ambon menjadi Jazirah Lei Hitu di utara dan Jazirah Lei Timur di selatan.
JEMBATAN TURPOGEN
Lokasi: Madura
Melintasi: Tidak Ada Data
Panjang: Tidak Ada Data
Lebar: Tidak Ada Data
Tahun Pembangunan: Tidak Ada Data
Jembatan Turpogen dibangun dengan teknologi Judesa (jembatan untuk desa asimetris), merupakan jembatan yang dibangun secara modular untuk menangani masalah aksesibilitas masyarakat di pedesaan. Hal itu buah pemikiran para peneliti di Kementerian PUPR. Sebagaimana dirilis dari portal pu.go.id.