Dapatkan Informasi dan Artikel Terbaru Dari Blog Ini dengan Menambahkan Ke Daftar Favorit [ Klik Disini ]

Cara Mudah Memaksimalkan Toko Online Dengan Benar

Cara Mudah Memaksimalkan Toko Online

Sejak akhir tahun 2021, peningkatan penjualan di e-commerce merupakan yang tertinggi dalam sejarah. Ditulis berdasarkan riset yang dilakukan oleh Kata Data Insight Centre (KIC). Hal ini telah mengubah sistem beli dan metode dalam bertransaksi di Indonesia. Banyak pengguna beramai-ramai membuat toko online mereka di e-commerce maupun platform media sosial.

Sadarnya, diantara pengguna tersebut masih banyak yang belum melakukan pengelolaan dan manajemen tokonya dengan baik. Sehingga mereka bingung harus melakukan inovasi dan ekspansi untuk pengembangan. Manajemen yang dimaksud bisa berupa data dan  sumber daya. Emang begitu pentingkah manajemen data sebuah toko? Sudah tentu, tanpa adanya manajemen data, pengelolaan toko akan menjadi tidak akurat. Oleh karena itu, kalian perlu menerapkan metrik data dalam setiap aktivitas toko. Dengan begitu, kesehatan toko dapat digambarkan secara jelas dan mudah dipahami untuk keberhasilan dalam branding dan pemasaran.

Walaupun platform e-commerce dan media sosial telah menyediakan sistem pemetaan tersendiri, namun permintaan masih terbuka luas bagi pengembang atau pihak ketiga dalam memenuhi kebutuhan analisa pasar itu. Lantas, bagaimana cara mengukur performa toko online? Berikut penjelasannya:

Pemetaan/Metrik Keuangan
Kegiatan ini sangat erat kaitannya dengan arus kas keuangan toko. Termasuk neraca penjualan, pembelian, dan pembelanjaan iklan. Pemasukan juga dibukukan dalam metrik ini. Perlu diingat bahwa, biaya yang dihabiskan untuk pemasaran iklan memang tak selalu digital, ada juga non digital, sehingga perlu memasukkannya kedalam metrik keuangan. Seperti contoh kecil, mencetak stiker atau label merupakan salah satu bentuk periklanan yang nyata. Sekecil apapun pengeluarannya, kalian harus bisa membukukan laporan itu dengan teratur. Bila anda termasuk pengguna yang rajin, kalian bisa membuatnya setiap hari.

Image credits: cfoshare.org

Metrik Pemasaran
Metrik pemasaran adalah suatu pengukuran terhadap hasil dari aktivitas penjualan toko itu sendiri. Kenapa hal ini begitu penting? Dengan metode metrik ini kalian akan dapat mengkuantifikasi atau memahami sebuah tren yang sedang hangat di pasaran dan menentukan target pemasaran kearah mana nantinya. Dinamika ini disebut "Dynamic of Marketing". Sebagai contoh, kalian bisa membuat daftar metrik untuk setiap wilayah pengiriman kalian. Demand yang tinggi dari satu wilayah mencerminkan tingkat kemauan belanja yang tinggi pula. Ini adalah target pasar yang baik untuk kalian kembangkan. Apabila data yang kalian peroleh cukup, maka kalian juga bisa membuat suatu keputusan dan menindaklanjutinya sesuai dengan inovasi masing-masing di masa yang akan datang.

Metrik Iklan
Belanja iklan sedikit berbeda dengan investasi iklan. Karena kegiatan ini hanya dikhususkan untuk pengeluaran iklan saja. Sementara investasi berada pada ruang lingkup yang lebih luas, termasuk pembayaran pajak dan pengiriman. Menerapkan pemetaan ini juga penting untuk menganalisa hasil terhadap iklan yang disebar. Contohnya, pernahkah kalian melihat sebuah survey yang poin pertanyaan nya seperti; "dari manakah anda tahu tentang toko kami?" a. Media sosial, b.iklan, c. teman bermain, dan bla...bla... jika customer tersebut akhirnya jadi membeli suatu barang, maka inilah yang disebut dengan laba atas iklan. Namun, hal ini tidak perlu dibahas lebih jauh, tetap intinya adalah membuat iklan semenarik mungkin, hal ini sangat efektif dan memungkinkan untuk meningkatkan laba toko.

Dari Data Beralih Ke Tindakan
Untuk memaksimalkan analisis pasar, kalian bisa menindaklanjutinya seperti beberapa langkah berikut.
1. Strategi
Seperti yang sudah dibahas diatas, kalian tidak mungkin mengelola toko secara buta. Pertama, kalian harus memiliki pemahaman tentang kebutuhan seorang customer. Harga adalah salah satu kebutuhan dasar dari setiap pembeli. Namun, kalian tidak harus selalu mengikuti keinginan itu. Kalian tetap harus konsisten dalam persaingan harga. Untuk mengatasi hal itu, kalian bisa meningkatkan pelayanan dan respon yang baik. Tentunya customer akan memasukkan toko kalian ke daftar favorit nya. Tentunya masih banyak lagi strategi yang bisa kalian terapkan agar customer lebih betah dan belanja di toko kalian.

Image Credits: dreamstime

2. Sentralisasi Pasar
Buatlah sebuah grafik singkat yang mudah dipahami. Hal ini tentunya akan menghemat waktu, tenaga dan pikiran. Atau kalian bisa menggunakan platform pihak ketiga untuk membuatnya lebih sederhana. Kalian bisa cari aplikasi nya di playstore dari yang gratis maupun berbayar. Seperti aplikasi pembukuan, akuntansi penjualan dan lain sebagainya.

3. Menyempurnakan Strategi
Disinilah titik tumpu sebenarnya, dan begitu sulit untuk menjaga konsistensi mengelola toko online. Banyak yang gagal lalu akhirnya beralih ke bisnis yang lain. Tapi kalian jangan takut akan kesalahan. Memperbaiki kesalahan adalah wajar. Kesalahan akan membawa kalian ke tahap yang lebih expert. Dan jangan pernah takut untuk ber-inovasi karena darisana akan muncul ide-ide baru yang memungkinkan penjualan di toko online kalian meningkat drastis. Hal itulah yang disebut dengan ilmu nyata yang sesungguhnya. Jika gagal, perbaiki dan terus perbaiki. Namun, perlu diyakini bahwa, semua ikhtiar yang kita lakukan, tidak terlepas dari kuasa sang pencipta, sehingga mengucap syukurlah setiap kegagalan dan kesuksesan yang kalian miliki. Que Sera-Sera
Quote:
Jangan malu posting jualan
Jangan malu berdagang
Jangan malu usaha
Karena biaya hidup tidak ditanggung negara
Apalagi tetangga 😁😁
(Obenk)

Post a Comment