Dapatkan Informasi dan Artikel Terbaru Dari Blog Ini dengan Menambahkan Ke Daftar Favorit [ Klik Disini ]

Tips Motivasi dan Cara Meningkatkan Skill Teknisi Smartphone

3 min read
Cara Meningkatkan Skill Teknik Servis HP

Tips Motivasi dan Cara Meningkatkan Skill Teknisi Smartphone - Artikel ini ringan untuk dicerna. Karena saya mau berbagi sedikit tips kepada semua teknisi ponsel (tuser) baik pemula ataupun profesional. Pastinya akan sangat menolong kalian saat melakukan pekerjaan. Juga sebagai acuan untuk improve skill jika kalian mulai jenuh.

Dalam profesi apapun, sangat penting sekali kita mengikuti aturan dan etika dalam bekerja. Tentunya sikap ini bertujuan untuk menciptakan rasa aman serta profesionalisme yang berdampak kepada kepuasan pelanggan.

1. Kalian harus punya semua alat yang dibutuhkan.
Sebuah workshop yang baik salah satunya adalah melengkapi semua kebutuhan alat yang diperlukan. Karena servis ponsel membutuhkan area yang luas, banyak alat eksklusif diperlukan selain alat biasa. Sehingga sebuah ruang kerja dengan peralatan yang lengkap pasti akan memotivasi teknisi dalam bekerja.
Man is a tool using animal.
Without tools he is nothing;
With tools he is all.
Thomas Carlyle -
Ketika membongkar ponsel, tentunya kalian harus selalu mengingat langkah-langkahnya. Hal ini memastikan agar kalian bisa memasangnya kembali. Jika tidak, maka waktu dan tenaga akan terbuang sia-sia. Tentunya kalian gak mau kalau waktu berharga kalian terfokus pada sesuatu karena kesalahan ini. Terutama saat membongkar LCD, bagian paling sensitif dan juga mahal.

2. Teliti saat Membongkar Unit
Walaupun cara ini jarang diterapkan oleh teknisi, namun sesungguhnya trik ini baik. Kalian bisa ganti semua sekrup setelah memperbaiki smartphone. Pastikan juga kalian memasangnya kembali sesuai posisinya masing-masing. Hal ini tentunya sering dialami seorang teknisi, mengganti sekrup dengan jenis, ukuran dan bentuk yang berbeda dari aslinya. Jika dipikir-pikir, kecerobohan ini sangat berdampak kepada kerusakan pada bagian ponsel lainnya.

3. Utamakan Kebersihan.
Menjaga area kerja tetap rapi dan bersih, sangat penting bagi kenyamanan dalam perbaikan ponsel. Karena tempat kerja yang kotor dan tidak teratur mencerminkan karakter dan sopan santun orang tersebut. Suasana yang bersih akan selalu mengundang orang untuk mampir. Bukankah kebersihan sebagian dari iman? :) Jawab sendiri ya
"Never stop doing your best, just because one person doesnt give you credits". Kamari Aka Lyrika
5. Melengkapi suku cadang
Kelengkapan suku cadang juga penting. Kalian harus membuat ketersediaan stok dalam pekerjaan ini. Karena tentunya banyak part yang akan diganti walau sekecil apapun. Kalian bisa membuat list sparepart yang akan dijadikan stok. Mulai dari part yang umumnya sering rusak. Dengan tujuan agar kalian lebih menghemat waktu daripada pergi ke toko untuk hal yang mudah. Ini juga membangun kepercayaan user kepada konter kalian. Kalau bisa cepat, buat apa pilih lama?

6. Pisahkan/Amankan Kartu SIM dan Kartu Memori pelanggan.
Atau kalian mau membeli box component dan menempatkannya secara terpisah disana. Memberikan "stiker tom and Jerry" pada nama box tempat SIM card. Atau jika konter kalian sudah mumpuni, sertakan juga bon kuitansinya didalam. Hal ini sangat mempermudah kalian ketika user datang mengambil hp nya nanti. Secara gak langsung tindakan mengobrak-abrik laci di depan customer akan menurunkan reputasi kalian.

7. Memastikan Data User Aman
Selanjutnya yang paling penting adalah memastikan data user aman ketika kalian memperbaiki ponsel, untuk flash tentunya diperlukan ijin terlebih dahulu agar gak terjadi miscommunication nantinya. Karena di beberapa kasus, data jauh lebih penting daripada ponsel itu sendiri. Jika memang harus melakukan reset, cadangkan lah data ke piranti lainnya seperti laptop atau PC.

Jika kalian terbentur dalam satu perbaikan, istirahatlah dulu sejenak. Cobalah googleng solusinya di internet. Di beberapa kasus, ada jalan keluar yang gampang untuk perbaikan yang mungkin tidak kalian sadari. Ada banyak tutorial gambar, video diluar sana untuk mengatasi permasalahan kalian saat ini.

Melalui tips ini saya berupaya memotivasi kalian untuk tetap rajin berlatih dan tetap konsisten terhadap pekerjaan kalian saat ini. Karena banyak teknisi pemula yang gak sabar dalam menghadapi tantangan lalu beralih profesi menjadi ojek online. "Kerikil tajam adalah hal yang biasa, sedangkan batu besar tidak akan membuat sandungan". Hal itu akan menjadikan kalian menjadi teknisi populer bagi orang-orang. Dan kalian juga akan menarik hati pelanggan atas kepercayaannya. Kalau pelanggan banyak, tentunya cuan akan mengalir seperti sungai.

Barangkali ada pembaca yang mau berkomentar, waktu dan tempat saya persilahkan. Terimakasih (Obenk)

Posting Komentar